BMKG: Gempa tektonik berkekuatan 4,7 SR mengguncang Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah.

Banjarmasin (GOODNEWS) – Badan Meteorologi, Iklim, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa tektonik berkekuatan 4,7 SR terjadi di sebagian Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Kalimantan Tengah (Kalteng) pada Selasa.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Balikpapan Rasmid dalam keterangan tertulisnya di Banjarmasin, Selasa, mengatakan gempa tektonik tersebut terjadi Selasa pukul 09.22 Wita, berlokasi 19 kilometer timur laut Banjar, Kalimantan Selatan, pada kedalaman 10 kilometer.

“Tidak ada ancaman tsunami, saya mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh rumor atau informasi yang tidak dapat dipastikan kebenarannya,” ujarnya.

Pejabat menyebutkan, berdasarkan peta perkiraan gempa, gempa ini menimbulkan gempa di beberapa wilayah Kalsel yakni Kota Banjarmasin, Kabupaten Tapin, Kabupaten Barito Kuala yang dirasakan pada skala III MMI (gempa cukup terasa hingga sebuah rumah). .

Kemudian sebagian Kalimantan Tengah yaitu Kota Sampit, Kabupaten Pulang Pisau dan Kota Palangka Raya II-III MMI (terasa nyata di dalam rumah, terasa getarannya seperti truk yang lewat).

Rasmid mengatakan, dampak kerusakan akibat gempa tersebut belum dilaporkan.

Jenis dan Mekanisme Gempa Bumi, dengan memperhatikan letak episenter dan kedalaman hiposenter, dikatakannya gempa yang terjadi merupakan gempa tipe dangkal yang disebabkan oleh aktivitas sesar Meratus.

Meski tidak ada laporan kerusakan rumah, namun Rasmis menghimbau masyarakat untuk menghindari terjadinya retakan atau kerusakan akibat gempa pada bangunan, dengan memeriksa dan memastikan bahwa tempat tinggal tersebut cukup tahan gempa atau tidak rusak akibat getaran gempa yang merusak kestabilan bangunan sebelum kembali menjadi bangunan.

“Informasi resmi hanya berasal dari BMKG dan disampaikan melalui saluran komunikasi resmi yang telah ditetapkan,” ujarnya..

Leave a Comment