UMJ menduduki peringkat 20 website paling berpengaruh. Rektor: Menjadi lebih baik lagi!

GOODNEWS, JAKARTA – Universitas Muhamamdiyah Jakarta (UMJ) masuk dalam daftar 20 besar website dengan pengaruh website tertinggi di Indonesia. Rektor UMJ Prof Ma’mun Murod Al-Barbasy

Tak puas dengan pencapaian tersebut, Prof  Ma’mun Murod Al-Barbasy ingin berbenah ke depannya dengan target mencapai 50 besar Webometrics dan Unirank.

“Jika kami bisa berkembang, kami bisa masuk 50 besar” kata Ma’mun Murod Al-Barbasy GoodNews pada Jumat (2 September 2024).

Diketahui UMJ menduduki peringkat ke-19 dalam daftar universitas paling berpengaruh di Indonesia. Definisi umum pengaruh situs web adalah ukuran seberapa besar pengaruh yang dimiliki situs web.

Mengenai prestasi tersebut, beliau menyatakan bahwa ini merupakan hasil kerja dan usaha UMJ selama ini. Menurutnya, kerja keras yang dilakukan Sekretariat Universitas UMJ (KSU) sudah mulai membuahkan hasil. Namun UMJ masih perlu meningkatkan kinerjanya untuk mencapai tujuan berikutnya.

“Harap diperhatikan kita semua, termasuk para dosen, harus serius dalam menyitasi karyanya. Nah, itu bagus sekali,” jelas Prof Ma’mun Murod Al-Barbasy.

Impact Rank di Webmetrics merupakan salah satu parameter yang digunakan untuk menentukan peringkat universitas atau perguruan tinggi di seluruh dunia. Pemeringkatan Webometrics Universitas Dunia menggunakan metode pengukuran berbasis web untuk menentukan pemeringkatan ini.

Metodologi Webometrics mencakup beberapa indikator, dan pemeringkatan pengaruh adalah salah satunya. Impact Rank mengukur pengaruh akademik atau pengaruh suatu universitas berdasarkan ketersediaan konten akademik yang tersedia secara online.

Semakin banyak dan berkualitas konten akademis yang ada di website universitas, maka semakin tinggi Impact Ranknya. Hal ini mencerminkan kontribusi dan pengaruh akademis departemen tersebut di dunia maya.

“Peringkat pengaruh dalam metrik web adalah ukuran visibilitas halaman web perguruan tinggi, berdasarkan pengaruh akibat konten halaman web tersebut,” tulis Webometrics dalam keterangan tertulisnya, dikutip Jumat (2/9/2024).

Penilaian dampak konten web dilakukan berdasarkan jumlah jaringan eksternal (subnet) yang mengarah ke website universitas. Dalam istilah awam, nilai pengaruh bisa disebut dengan pemeringkatan, yang menunjukkan sejauh mana konten website universitas dapat menjadi acuan konten website lain di dunia maya.

Definisi umum pengaruh situs web adalah ukuran seberapa besar pengaruh suatu situs web. Dampak ini dapat diukur dengan beberapa cara berbeda, bergantung pada tujuan umum atau spesifik situs..

Leave a Comment