Calon presiden dan wakil presiden mengingatkan pendukungnya untuk memilih.

JAKARTA, GOODNEWS – Dua hari terakhir musim kampanye, Jumat-Sabtu (9-10/2/2204), dimanfaatkan ketiga calon pasangan Pilpres 2024 untuk meyakinkan masyarakat agar mendukung mereka di hari pemilu. hanya dua hari saja, termasuk pelacakan penghitungan suara. Namun, kampanye terbuka pada detik-detik terakhir diperkirakan tidak akan mempengaruhi pilihan pemilih karena sebagian besar dari mereka sudah memiliki preferensi.

Di penghujung masa kampanye, Badan Pemilihan Umum (Bawaslu) juga mengingatkan kepada peserta pemilu, Aparatur Sipil Negara (ASN) dan TNI-Polri, bahwa 11.-13.2. kampanye selama masa tenang. Sebab, calon atau tim kampanye tidak bisa melakukan kampanye di luar jadwal dan bisa berujung pada politik uang.

Selain metode kampanye majelis umum yang kuat dan didukung dengan baik, yaitu. Setiap calon presiden (pilpres), juga elite politik, mantan presiden, dan sejumlah menteri Presiden Joko Widodo bangkit dalam dua hari terakhir.

Sabtu lalu, calon presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menghadiri acara pembukaan kampanye di Jakarta International Stadium dan Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta. Sementara calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo-Mahfud MD mengikuti kampanye terbuka di Surakarta dan Semarang, Jawa Tengah.

Saat berkampanye terbuka di GOR Lembupeteng, Tulungagung, Jawa Timur, Jumat, calon presiden Anies Baswedan mendesak pendukungnya untuk memperjuangkan perubahan. Sementara itu, saat berkampanye di Stadion Untung Suropat, Pasuruan, Jawa Timur, pasangannya, Muhaimin Iskandar, mengimbau para pendukungnya agar tidak mudah terpengaruh oleh godaan untuk mengalihkan dukungan kepada calon lain. “Pemilu dua hari lagi, lihat TPSnya,” kata Muhaimin.

Anies-Muhaimin yang mengikuti pembukaan kampanye di Jakarta International Stadium, Jakarta, Sabtu, menyatakan keyakinannya pemilu tidak akan berlangsung satu putaran. Anies juga meminta pendukungnya untuk memilih sesampainya di tempat pemungutan suara (TPS) untuk juga memantau proses penghitungan suara agar pemilu tetap adil dan jujur.

Calon Presiden Prabowo Subianto yang mengenakan kemeja biru muda yang mengikuti kampanye terbuka di GOR Delta, Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat, meminta setiap pendukung yang hadir mengundang 10 warga lagi untuk memilih dirinya dan setiap undangan. mengundang 10 orang lagi. Oleh karena itu, Prabowo yakin kemenangan Pilpres 2024 bisa diraih dalam satu putaran.

Dalam kampanye yang juga dihadiri Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir dan Direktur Menteri Investasi/Dewan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Prabowo juga meyakinkan para pendukungnya bahwa mereka akan datang ke tempat pemungutan suara pada 14 Februari. Tak hanya mencoblos, mereka juga diminta mencermati hasil perolehan suara Prabowo-Gibran. Sementara Gibran berkampanye di Bandung, Jawa Barat, pada Jumat.

Mengakhiri rangkaian kampanye pembukaan di Stadion Utama GBK, Jakarta, Sabtu, Prabowo-Gibran menegaskan komitmennya untuk menyelenggarakan program makanan gratis untuk anak-anak jika memenangkan kontes tersebut.

“Kalau tidak setuju, jangan masuk kabinet Prabowo Subianto,” ujarnya. Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono, Ketua Partai Golkar Airlangga Hartarto, yang juga Menko Perekonomian, Ketua Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan, dan Ketua Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza juga turut hadir. hadir.Mahendra. dalam kampanye.

Pemimpin Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri yang turut serta dalam pembukaan kampanye Ganjar-Mahfud di Benteng Vastenburg, Surakarta, mengingatkan pemilih agar tidak menarik elite dan calon pemimpin yang ingin menyalurkan bansos. Apalagi untuk kepentingan pemilu. “Itu (bansos) itu permen yang bikin bahagia,” kata presiden kelima RI ini.

Ganjar dalam pidatonya mengungkapkan bahwa Surakarta masih menjadi rumah bagi PDI-P. Ia pun memperkirakan jumlah pendukung yang hadir.

Saat kampanye terbuka yang digelar di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Jumat, Ganjar meminta pendukungnya terlibat dalam Ganjar-Mahfud dan programnya. Menurut Ganjar, Bogor menjadi pusat pemilu karena padat penduduknya. “Gunakan hak memilih secara bebas tanpa tekanan,” ujarnya.

Arya Fernandes, Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial di Center for Strategic and International Studies (CSIS), memperkirakan kampanye terbuka terakhir tidak terlalu mempengaruhi pilihan pemilih, karena sebagian besar pemilih sudah memiliki preferensi. Selain itu, lanjutnya, jumlah pemilih kuat setiap calon juga cukup besar.

Menurut Arya, yang terpenting dalam kampanye terbuka di akhir musim kampanye adalah mengajak pendukungnya untuk memilih di daerah sekitar. Sebab partisipasi sangat menentukan hasil akhir pemilu.

Sebelum masa tenang, Anggota Bawaslu Lolly Suhenty mengatakan, Bawaslu telah mengirimkan surat kepada peserta pemilu agar tidak melakukan kegiatan kampanye pada masa tenang antara pukul 11.00 hingga 13.00. Februari Bawaslu juga melayangkan imbauan serupa kepada pimpinan beberapa instansi, TNI, Polri, dan ASN.

Loli mengatakan, seorang calon atau tim kampanye tidak boleh melakukan kampanye tanpa rencana. Seringkali sulit untuk menangkap mereka, karena aturan hanya mengikat peserta dan tim kampanye. Oleh karena itu, Bawaslu meminta peserta pemilu berjanji bahwa masyarakat yang tidak tergabung dalam tim pemenangan tidak akan berkampanye pada masa tenang.

Selain itu, opsi kebijakan moneter masih cukup tinggi pada masa tenang. “Kami melakukan patroli pengawasan untuk mencegah kemungkinan kebijakan moneter dan kampanye yang tidak direncanakan, termasuk di media sosial,” ujarnya.

Leave a Comment