Kapolsek Minta Kasus Firli Tunggu Tanggal Main, Pukat UGM Minta Ditangkap.

Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto mengatakan perkembangan kasus pemerasan Firli Bahuri Syahrul Yasin Limpo (SYL) sudah tepat waktu. Pusat Penelitian Antikorupsi UGM (Pukat) menegaskan penyelesaian kasus tersebut tidak akan memakan waktu lama.

“Kasus ini merupakan kepentingan umum, sehingga kami berharap dapat segera diselesaikan dan tidak membiarkan kasus ini berlarut-larut”; kata Peneliti UGM Pukat Zaenur Rohman saat dihubungi, Jumat (2 Februari 2024).

Zaenur menegaskan, Firli tidak ditahan meski berstatus tersangka sejak 22/11/2023. Polisi pun menginterogasi Firli sebagai tersangka sebanyak empat kali.

“Soal penangkapan, saya sejak awal mendorong penyidik ​​untuk menggunakan kewenangan subjektifnya dalam melakukan penangkapan. pemusnahan barang bukti berkurang,” ujarnya. .

Zaenur mengatakan penangkapan itu milik penyidik ​​Polda Metro Jaya. Meski demikian, dia yakin penangkapan Firli akan memberikan komitmen kepada penyidik ​​untuk segera menyelesaikan berkas perkara.

“Juga penanganannya akan cepat karena ada batas waktunya. Mau tidak mau, masalah itu harus diselesaikan dalam batas waktu yang ada. Jadi banyak tugas yang tertunda,” kata Zaenur.

Ia meyakini penyelesaian kasus Firli kini ada di tangan Polda Metro Jaya.Pukat UGM meminta agar kasus tersebut segera diputus.

“Kenapa belum P21 berarti ada yang belum selesai. Harus menjadi perhatian khusus Kapolda Metro Jaya juga untuk menyelesaikan kasus ini, bisa jadi P21, jadi tugas jaksa adalah bawa ke pengadilan.” kata Zaenur.

Kapolres Metro Ungkap Kasus Firli
Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto buka-bukaan soal perkembangan kasus pemerasan eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) Ketua KPK-liburan Firli Bahuri

4 Karyoto tak menjelaskan kejadian penjeratan yang dilakukan tersangka Firli, namun ia meyakinkan bahwa pada saat yang tepat ia akan memberikan keterangan lebih lanjut soal pungli tersebut kepada pihaknya SYL.

“Tunggu saja tanggal pertandingannya,”; kata Karyoto Halim di Pangkalan Udara Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (1 Februari).

Senada, Karyoto belum mau membeberkan persoalan apakah polisi bisa menangkap Firli.

“Ya, Anda lihat” katanya sederhana.

Firli Bahuri kini ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pemerasan SYL. Firli dijerat Kementerian Pertanian RI dengan dugaan tindak pidana pemberantasan korupsi berupa pemerasan, penyuapan, atau suap terkait manipulasi urusan hukum selama ia memimpin SYL.

Firli diinterogasi sebanyak enam kali di dalam rumah oleh Bareskrim Polri. Dua di antaranya masih berstatus saksi, yakni Kamis (26 Oktober) dan Kamis (16 November).

Pemeriksaan lainnya setelah Firli ditetapkan sebagai tersangka adalah pada Jumat (12/12), Rabu (12/12), Rabu (27/12), dan Jumat (19/12). Firli belum ditahan.

Karena kedua tim tidak dipisahkan pada menit tambahan, baku tembak dimulai dan Iran akhirnya menang 5-3 untuk melaju.

Sebaliknya, Jepang yang secara mengejutkan menempati posisi kedua Grup D di belakang Irak, tak kesulitan mengalahkan Bahrain 3-1.

Ritsua Doan memberi mereka keunggulan sebelum Takefusa Kubo menggandakan keunggulan.

Gol bunuh diri kiper Zion Suzuki memberi harapan bagi The Reds, namun gol Ayase Ueda segera memastikan kemenangan Jepang.

Leave a Comment