Pemilu 2024 Jatuh Pada Hari Rabu, Keuskupan Maumere Tak Berkutik Merayakan Rabu Abu

Keuskupan Maumere, Kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) memutuskan perayaan Rabu Abu tidak ditunda meski bertepatan dengan hari Rabu pemilu Pemilu 2024 (14 Januari 2024).

Uskup Maumere, Monsinyur (Mgr) Ewaldus Martinus Sedu, dengan surat misionarisnya, mengajak seluruh warga Keuskupan Maumere untuk turut serta dalam kedua kegiatan tersebut sebagai umat Katolik dan warga negara.

“Perayaan Rabu Abu tahun ini jatuh pada tanggal 14 Februari 2024, bersamaan dengan Hari Raya Partai Demokrat (pemilihan umum).” Sebagai anggota Gereja Katolik dan sekaligus sebagai warga negara, kami menyerukan kepada umat Tuhan untuk membantu. Keuskupan Maumere berpartisipasi penuh dalam dua kegiatan tersebut,” ujarnya. tulis Mgr Ewaldus mengacu pada surat misinya Minggu (28 Januari 2024).

“Kami putuskan perayaan Ekaristi Rabu Abu di Keuskupan Maumere akan dilanjutkan pada Rabu 14 Februari 2024 dan tidak akan ditunda atau ditunda,” lanjutnya.

Pak Ewaldus menjelaskan bahwa acara Rabu Abu dapat dilaksanakan pada pagi hari sebelum pemungutan suara atau sore hari setelah pemungutan suara. “Misa telah dilaksanakan pada pagi hari pukul 06.00, sehingga sebelum pukul 08.00 misa berakhir. Apabila ada misa lagi dapat dilaksanakan pada pukul 17.00 setelah WITA,”; kata Tuan Ewaldus.

Bagi masyarakat yang tidak dapat menghadiri dua misa pada hari Rabu tanggal 14 Februari, Mantan Vikaris Jendral (Vikjen) Keuskupan Maumere, Mgr. Ewaldus, mengumumkan bahwa penerimaan abu akan dilakukan pada hari Minggu pertama Prapaskah.

Keuskupan Maumere, salah satu dari beberapa keuskupan di Indonesia, meliputi Kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur, dan pusat keuskupannya adalah Maumere, ibu kota Kabupaten Sikka.

Keputusan Uskup Maumere mengenai program perayaan Rabu Abu 2024 berbeda dengan kebijakan keuskupan lain seperti Keuskupan Ruteng. Uskup Ruteng memutuskan untuk menunda perayaan Rabu Abu ke hari berikutnya, Kamis (15 Januari 2024) untuk mendukung pelaksanaan Pemilu 2024.

Leave a Comment