Puasa Pertama Menurut Pemerintah Tahun 2024 dan Muhammadiyah

Sekitar dua bulan lagi, umat Islam akan memasuki Ramadhan. Puasa pertama tahun 2024 dimulai pada bulan Maret 2024.

Hukum menjalankan puasa Ramadhan adalah wajib bagi setiap Muslim Mukalafi menurut kesepakatan para ulama sekte tersebut. Muhammad Jawad Mughniyah berkata dalam Al-Fiqh dan#039;ala al-madzahib al-khamsah karya Masykur A.B dkk. jika diterjemahkan, mukalaf adalah orang yang telah baligh dan berakal.

Umat beragama sepakat bahwa orang gila tidak perlu berpuasa dan jika berpuasa, maka puasanya batal. Adapun, anak kecil juga tidak wajib berpuasa, namun apabila ia puasa maka puasanya dianggap sah dengan syarat sudah mumayiz.

Dalil kewajiban puasa Ramadan terdapat dalam Al-Qurand#039;an surah Al Baqarah ayat 183. Allah SWT berfirman,

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Artinya: andquot;Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.andquot;

Allah SWT juga berfirman dalam surah Al Baqarah ayat 185,

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗوَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗيُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖوَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ ١٨٥

Artinya: andquot;Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qurand#039;an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil). Oleh karena itu, siapa di antara kamu hadir (di tempat tinggalnya atau bukan musafir) pada bulan itu, berpuasalah. Siapa yang sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya) sebanyak hari (yang ditinggalkannya) pada hari-hari yang lain. Allah menginginkan kemudahan bagimu, bukan kesulitan. Hendaknya kamu mencukupkan jumlahnya dan memuji Allah atas petunjuk yang diberikan kepadamu agar kamu bersyukur.”

Penentuan awal puasa Ramadhan di Indonesia dilakukan dengan cara rukyat dan perhitungan, yang kemudian dibahas dalam sidang isbat sesuai fatwa MUI 2004, Amanat menentukan awal Ramadhan Syawal. dan Dzulhijjah.

Puasa Ramadhan dilaksanakan selama 29 atau 30 hari, sesuai dengan posisi Bulan, saat matahari terbenam pada hari ke-29 penanggalan Hijriah.

Puasa Pertama Tahun 2024 Pemerintah
Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama (Kemenag) akan memutuskan puasa pertama tahun 2024 setelah sidang isbat. Pada tahun-tahun sebelumnya, sidang isbat penentuan awal Ramadhan dilaksanakan pada hari ke-29 Syakban.

Pemerintah menggunakan metode rukya dan hisab dalam menentukan awal bulan. Pemerintah juga akan mempertimbangkan hasil penghitungan lokasi bulan sabit berdasarkan kriteria MABIMS (Kementerian Agama Brunei, Indonesia, Malaysia dan Singapura). Berdasarkan kriteria MABIMS, tinggi bulan sabit saat matahari terbenam minimal 3 derajat dan sudut elongasi 6,4 derajat.

Namun menurut penanggalan Hijriah Indonesia tahun 2024 yang diselenggarakan Kementerian, puasa tahun 2024 dimulai pada hari Selasa tanggal 12 Maret 2024. Dalam penanggalan ini, Syakban selesai dalam 30 hari.

Selain pemerintah, organisasi Islam Indonesia seperti Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU) juga mulai menjalankan puasa pada tahun 2024. Keduanya menggunakan cara yang berbeda. Muhammadiyah menggunakan metode penghitungan bentuk hilal sebenarnya untuk menentukan awal bulan Hijriah, sedangkan NU menggunakan metode rukyatul hilal.

Puasa Pertama Tahun 2024 Muhammadiyah 11 Maret 2024
PP Muhammadiyah menetapkan awal Ramadhan, Syawal dan Zulhija. Keputusan ini tertuang dalam Surat Keputusan PP Muhammadiyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2024 tentang Penetapan Hasil Penghitungan Bulan Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1445 Hijriah. Berdasarkan pengumuman tersebut, puasa pertama tahun 2024 jatuh pada hari Senin tanggal 11 Maret 2024.

Berdasarkan hasil perhitungan sebenarnya bentuk hilal yang dipimpin oleh PP Muhammadiyah Tarjih dan Majelis Tajdid, 29 Syakban 1445 H, yang sama dengan tanggal 10 Maret 2024, ijtimak menjelang Ramadhan 1445 H terjadi pada pukul 16:07:42 WIB. Bulan sabit muncul saat matahari terbenam di Yogyakarta dan Indonesia, selain Maluku Utara, Papua, Papua Barat, dan Papua Barat Daya..

Leave a Comment