Saat Basement Pasar Baru Bandung Diselimuti Asap Hitam

Ratusan pedagang yang berada di basement Pasar Baru Kota Bandung berlarian keluar saat melihat asap hitam mengepul dari basement. Mereka menyelamatkan diri dan berkumpul di trotoar Jalan Ottista.

Mereka panik karena terjadi kebakaran di basement, hal itu terlihat dari asap hitam pekat yang ada di basement.

Video amatir warga yang panik viral di media sosial tak lama setelah bala bantuan PB Diskar Kota Bandung tiba untuk memadamkan asap.

Polisi yang tiba di TKP langsung bergegas menuju basement, air yang disalurkan mobil pemadam kebakaran melalui pipa langsung disemprotkan ke tempat munculnya asap.

Setelah berhasil mendekati titik asap, ternyata ada panel listrik yang meledak di basement Pasar Baru sehingga menimbulkan banyak asap.

“Diperkirakan yang terbakar adalah genset, namun sebenarnya panel listrik. Jadi sumber api di sana menjalar ke gedung-gedung yang terbakar dan semuanya berjejer di panel listrik cadangan di Pasar Baru,” Bandung . dikatakan Direktur Ops Pemadaman Diskar PB Kota Asep Rahmat di TKP, Kamis (18/1) sore.

Asap mengatakan, sebelum terbakar, saksi mendengar suara ledakan dari ruangan tempat switchboard cadangan berada. Diduga kuat ledakan tersebut disebabkan oleh arus pendek.

“Ruang khusus panel listrik meledak, terjadi ledakan akibat korsleting,”; familiara

Untungnya, menurut Asepa, satpam Pasar Baru bergerak cepat memadamkan api dengan APAR agar api tidak meluas. Saat itu asap di lokasi kejadian mulai hilang. Polisi pun melakukan pendinginan di lokasi.

‚ÄúSudah dibersihkan (oleh otoritas pasar) melalui APAR, namun karena tidak dilengkapi alat pelindung diri yang lengkap, mereka tidak bisa melakukan yang terbaik, namun dilakukan upaya untuk menghilangkannya. Kondisi (untuk saat ini) aman,” dia menyimpulkan..

Leave a Comment