Vaksinasi polio terhadap warga Kota Tegal resmi dimulai Ini Sasarannya

Vaksinasi polio terhadap warga Kota Tegal resmi dimulai. Hal ini terjadi pasca dimulainya atau launching Pekan Imunisasi Nasional (PIN) yang bertempat di halaman RSUD Kardinah Tegal pada hari Senin tanggal 15 Januari 2024.

Launching Pekan Imunisasi Nasional di Tegal dilakukan langsung oleh Sekretaris Daerah ( Detik) drg. Agus Dwi Sulistyantono. Dengan pelepasan balon sebagai tanda dimulainya vaksinasi polio.

Sekretaris Daerah Kota Tegal Dr Agus Dwi Sulistyantono dalam pemaparannya mengatakan, penerapan kode PIN akan dilakukan pada 15-20 Januari 2024. Tujuannya untuk memberikan vaksinasi polio kepada anak usia 0-7 tahun. mendapatkan vaksin polio.

“Setelah vaksinasi polio pertama pada Pekan Imunisasi Nasional ini akan diperpanjang putaran kedua. Yakni mulai tanggal 19 Februari hingga minggu ke-1,” ujarnya.

Menurut Agus, inisiatif ini menandai dimulainya vaksinasi di Kota Tegal. Pada saat yang sama, vaksinasi polio sendiri merupakan upaya untuk mencegah penyakit tersebut.

“Jadi kita berharap semua anak di Kota Tegal tidak terkena polio. – Menurut dia, vaksinasi yang diberikan gratis.

Agus mengatakan, dosis vaksinasi yang diberikan kepada anak adalah 2 tetes. Selain itu vaksinasi juga bisa diperoleh di unit kesehatan baik puskesmas maupun posyandu, selain itu tim kesehatan bergerak ke sekolah-sekolah.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal Zaenal Abidin mengatakan peluncuran isu PIN ini merupakan tanda dimulainya vaksinasi polio. Selain Posyandu, juga terdapat layanan vaksinasi bagi siswa di bawah usia 7 tahun dalam bahasa PAUD dan SD.

“Tujuan tersebut diharapkan dapat mencapai 95 persen dari seluruh tujuan Kota Tegal. Dengan jumlah balita dan 0-7 tahun saat ini sebanyak 30 ribu orang,” ujarnya.

Zaenal menambahkan, pihaknya juga akan melakukan hal yang sama. melakukan pembersihan rumah, nanti.. Hal ini terjadi bila anak tidak menerima vaksinasi karena sakit atau ketidakhadiran.

Demikian informasi dimulainya vaksinasi polio di Kota Tegal. Jadi pastikan anak Anda mendapatkan vaksinasi tepat waktu..

Leave a Comment