Cengkul Telu, Tempat Baru Menikmati Keindahan dan Matahari Terbit dan di Wonosobo

Cengkul Telu merupakan salah satu destinasi wisata baru dimana anda bisa melihat indahnya matahari terbit. Wisata Wonosobo mempunyai panorama yang sangat indah karena pengunjung dimanjakan oleh barisan pegunungan.

Seperti Gunung Prau, Gunung Sindoro, Gunung Kembangi, Gunung Sumbing dan lain-lain. Cengkul Telu sendiri terletak di desa Tieng, kecamatan Kejajar, kabupaten Wonosobo, negara bagian Jawa Tengah.

Jaraknya 5 km dari Dieng dan sekitar 18,8 km dari kota Wonosobo. Diperkirakan dibutuhkan waktu kurang lebih 50 menit untuk mencapai Cengkul Telu dari pusat Wonosobo.

Untuk mencapai Tempat Wisata Alam Cengkul Telu harus mengikuti jalan setapak yang biasa digunakan para petani menuju lereng Pegunungan Kejajar. Jalan dapat diakses dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda motor.

Dari jalan utama menuju Cengkul Telu bisa berjalan kaki sekitar 30-50 menit. Jalannya juga tidak terlalu menanjak sehingga masih cukup mudah diakses oleh para pemudik.

Wisatawan yang menggunakan mobil sebaiknya memarkir mobilnya terlebih dahulu, karena kawasan Cengkul Telu tidak dapat diakses oleh mobil. Mobil dapat diparkir di tempat wisata Gardu Pandang Tieng agar tidak mengganggu jalur penghubung antara Wonosobo dan Dieng.

Golden Sunrise
Wisatawan harus berhati-hati saat mengendarai sepeda motor karena jalurnya melewati kebun beberapa warga dan terjal. Dalam perjalanan menuju Cengkul Telu, wisatawan bisa menikmati indahnya pemandangan kebun kentang milik warga.

Tempat Wisata Cengkul Telu juga mempunyai tempat yang sering dijuluki “Tempat Lompat Kejajaran”; wisatawan Batu besar itulah yang menjadi landasan dan daya tarik objek wisata alam Cengkul Telu.

Lokasi Kejajar Jump Spot menghadap ke pegunungan Sindoro, Prau dan Sumbing. Gunung Merbabu, Gunung Ungaran dan Gunung Andong juga terlihat dari kejauhan dari lokasi Cengkul Telu.

Di pagi hari, Cengkul Telu juga menjadi tempat yang tepat untuk menikmati keindahan Golden Sunrise..

Leave a Comment