Bukti masyarakat semakin nyaman menggunakan KRL

Kereta api merupakan transportasi umum paling populer di Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah pengguna angkutan umum ini.
Menurut pengamat kebijakan publik Slamet Riyad, semakin populernya kereta api tidak lepas dari banyaknya sarana dan prasarana yang terus dibenahi pemerintah, integrasi transportasi dengan teknologi.

Berdasarkan data PT KAI, jumlah pengguna KRL Commuter Line Jabodetabek terus bertambah. Pada September 2023 jumlah penumpang menjadi 900 ribu.

“Pada 27 September 2023 mencapai 952.595 penumpang,”; kata Slamet Riyadi, alumnus Central European University (CEU) di Budapest, Hongaria.

Slamet menambahkan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2023, angkutan penumpang kereta api akan tumbuh pesat pada tahun 2023 dibandingkan moda transportasi lainnya.

“Sejak September 2022 sampai September 2023, pengguna kereta api berjumlah 31,5 juta orang, lebih banyak 0,62 persen dibandingkan moda transportasi lain yang mengalami penurunan,”; dia menambahkan.

Slamet memperkirakan kepercayaan terhadap PT KAI semakin membaik. Badan Usaha Milik Negara ini telah banyak melakukan inovasi dan inovasi. Misalnya saja pada jadwal kedatangan dan keberangkatan yang tidak ada lagi penundaan.

“Semua tepat waktu. Meski jaraknya tidak jauh. Biaya murah, stasiun juga membuat nyaman penumpangnya,” ujarnya. jelas Slamet.

Slamet juga terlibat dalam menyukseskan pembangunan LRT dan integrasi dengan KRL Commuterline. Dampaknya, lanjut Slamet, sangat terasa di masyarakat.

Misalnya, dilanjutkan dengan Slam, Stasiun Cawang sebenarnya terintegrasi dengan Stasiun LRT Cikoko. Terbukti jumlah penumpang semakin meningkat. Menurut PT KAI, pada September 2023, rata-rata pengguna KRL Commuter Line di stasiun ini sebanyak 17.200 orang per hari, meningkat 14,75 persen dibandingkan rata-rata pengguna KRL Commuter Line pada Agustus 2023 sebanyak 14.989 orang per hari.

“Mengapa masyarakat begitu bersemangat menggunakan moda transportasi ini, salah satunya adalah profesionalisme PT KAI sebagai salah satu PT tertua dan berpengalaman di industri transportasi di Indonesia”; dia menjelaskan.

Slamet menilai jika KAI melaksanakan proyek strategis nasional seperti kereta MRT Timur-Barat, maka hasilnya tidak akan jauh berbeda dengan keadaan saat ini. “Semakin banyak masyarakat yang menikmati moda transportasi yang aman dan nyaman,” tutupnya.

Leave a Comment