Institusi Amerika ini membuat pasar kripto melonjak, investor panik

Pasar kripto sebagian besar melemah selama 24 jam terakhir setelah peraturan yang mewajibkan pelaporan aset digital, termasuk kripto, ke Internal Revenue Service (IRS) mulai berlaku.

Hingga Rabu (1/3/2024) 09:09 WIB, sebagian besar pasar kripto melemah, menurut CoinMarketCap. Bitcoin naik 0,86% menjadi $45,379.85, naik 6,96% untuk minggu ini.

Ethereum berada di wilayah negatif 0,14% dalam 24 jam terakhir, meskipun naik 6,83% dalam seminggu.
Solana turun 2.66% setiap hari dan naik 2.17% selama seminggu. Demikian pula dengan Longsoran turun 3,17% dalam 24 jam terakhir dan 6,65% dalam seminggu.

CoinDesk Market Index (CMI), yang mengukur pengembalian berdasarkan kapitalisasi pasar aset digital, naik 0.03% menjadi 1,910.57. Open interest naik 1,31% menjadi $42,41 miliar.

Sementara itu, indeks ketakutan dan kekikiran yang diterbitkan oleh coinmarketcap.com menunjukkan angka 74 yang menunjukkan bahwa pasar berada dalam fase serakah/optimis dengan situasi ekonomi dan industri kripto saat ini.

Tekanan pada pasar kripto saat ini dikatakan disebabkan oleh peraturan yang mengharuskan banyak transaksi aset digital bernilai lebih dari $10.000 untuk dilaporkan ke IRS. Menurut Cointelegraph.com, sebagian dari Undang-Undang Infrastruktur (RUU) yang ditandatangani oleh Presiden AS Joe Biden kini telah berlaku.

RUU infrastruktur bipartisan yang disahkan oleh Kongres dan ditandatangani menjadi undang-undang oleh Presiden Biden pada tahun 2021 memperluas persyaratan broker bagi banyak bursa dan operator kripto untuk melaporkan transaksi kripto senilai lebih dari $10,000 ke IRS.

Setelah RUU tersebut disahkan, banyak anggota parlemen yang mengusulkan undang-undang tambahan untuk “memperbaiki” persyaratan pelaporan, mengingat bahwa mengumpulkan informasi yang diperlukan dari broker akan sulit atau tidak mungkin.

Undang-undang mengharuskan pialang kripto untuk memberikan informasi pribadi tentang transaksi, termasuk nama, alamat, dan nomor jaminan sosial pengirim, ke IRS dalam waktu 15 hari.

Persyaratan tersebut, yang bertujuan untuk mempersempit kesenjangan pajak AS, awalnya akan berlaku pada Januari 2023, ketika perusahaan mengajukan pengembaliannya ke IRS pada tahun 2024. Menurut Direktur Coin Center Jerry Brito, banyak pengguna kesulitan memenuhi persyaratan pelaporan tanpa bimbingan dari IRS.

Dia berpendapat bahwa informan tersebut mencoba untuk mengikuti hukum tetapi mungkin bersalah atas kejahatan serius.

Leave a Comment