Apakah jalan kaki baik untuk jantung? Berikut penjelasannya…

Jalan kaki yang teratur dapat menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun apakah jalan kaki baik untuk jantung? Ternyata jalan kaki yang teratur dapat meningkatkan kesehatan jantung sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Faktanya, semakin banyak langkah yang Anda lakukan sambil berjalan kaki, semakin besar pula manfaatnya. Simak manfaat jalan kaki untuk kesehatan jantung berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut. Apakah jalan kaki baik untuk jantung?

Ternyata jalan kaki yang teratur dapat menunjang kesehatan jantung dan menurunkan risiko penyakit jantung. Menurut laporan Healthline, jalan kaki merupakan salah satu jenis latihan kardiovaskular yang bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Faktanya, orang dewasa yang berjalan kaki sekitar 6.000 hingga 9.000 langkah setiap hari memiliki risiko 40 hingga 50 persen lebih rendah terkena penyakit jantung, seperti serangan jantung dan stroke. Sebab, jalan kaki membuat tubuh bergerak, darah terpompa dan oksigen mengalir, sehingga jantung lebih sehat. Dikutip dari Verywell Fit, berikut beberapa manfaat jalan kaki bagi kesehatan jantung yang perlu Anda ketahui. Meningkatkan fungsi jantung Olah raga teratur dengan intensitas sedang, seperti jalan kaki, membantu jantung memompa darah lebih efisien.

Kondisi ini juga memperkuat otot jantung dan mengurangi penumpukan plak di pembuluh darah sehingga mengurangi risiko penyakit jantung koroner.
Menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol
Jalan kaki teratur terbukti menurunkan tekanan darah sistolik hingga 4,11 mmHg dan tekanan darah diastolik hingga 1,79 mmHg. Jalan kaki juga bisa menurunkan kolesterol dan trigliserida, meski hanya 10 menit sehari.

Pertahankan berat badan ideal

Berjalan dengan kecepatan sedang dapat membakar sekitar 75 kalori untuk orang dengan berat 63 pon, sehingga baik untuk menurunkan berat badan dan pemeliharaan yang ideal. Berkat berat badan ideal, risiko obesitas berkurang dan jantung pun sehat.
Mengurangi stres dan mendukung kesehatan mental

Jalan kaki dapat merangsang produksi hormon endorfin yang membuat pikiran lebih jernih dan suasana hati lebih baik. Tidak hanya mendukung kesehatan mental, mengurangi stres juga menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.
Meningkatkan sirkulasi dan mengurangi peradangan

Latihan aerobik seperti jalan kaki dapat membantu aliran darah secara efisien dan efektif ke seluruh tubuh. Olahraga jenis ini juga dapat menurunkan risiko peradangan sehingga kesehatan jantung tetap terjaga dan risiko gangguan kesehatan lain seperti penyakit jantung dan stroke berkurang. Sebelum memulai jenis olahraga ini, penting untuk memahami apakah jalan kaki baik untuk jantung.

Namun, disarankan untuk berjalan dengan intensitas rendah dan ditingkatkan secara bertahap jika Anda jarang berolahraga untuk mengurangi risiko cedera. Orang yang menderita penyakit tertentu juga sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mulai jalan-jalan untuk menjaga kesehatannya.

Leave a Comment