Kelima peristiwa ini diperkirakan akan mempengaruhi harga Bitcoin pada tahun 2024

Pasar Kripto Jakarta bergerak positif sepanjang tahun 2023, seiring dengan kenaikan harga Bitcoin hingga 160 persen sejak Januari 2023. Pertumbuhan ini juga disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah penerapan Bitcoin ETF oleh perusahaan-perusahaan besar di Amerika. Amerika.

Apa saja faktor yang mempengaruhi pergerakan harga Bitcoin dan aset kripto lainnya di tahun 2024? Trader Tokocrypto Fyqieh Fachrur mengungkapkan ada lima faktor yang bisa mendorong pergerakan harga Bitcoin di tahun 2024. Faktor tersebut antara lain:

Pemisahan Bitcoin

Halving Bitcoin adalah peristiwa yang terjadi sekali dalam empat tahun di mana imbalan bagi para penambang Bitcoin dikurangi setengahnya. “Hal ini akan menyebabkan berkurangnya pasokan Bitcoin yang dapat meningkatkan harga Bitcoin,” kata Fyqieh kepada Liputan6.com, Jumat (22 Desember 2023).

Kondisi makroekonomi global

Fyqieh mengatakan, kondisi perekonomian global seperti pertumbuhan ekonomi, inflasi di beberapa negara termasuk Amerika Serikat, dan suku bunga Federal Reserve juga dapat mempengaruhi pergerakan harga Bitcoin dan mata uang kripto lainnya.

“Ketika ekonomi makro global mengalami pertumbuhan yang kuat, permintaan terhadap aset berisiko seperti Bitcoin juga meningkat,” jelas Fyqieh.
peraturan

Peraturan yang diterapkan pemerintah juga dapat mempengaruhi pergerakan harga Bitcoin dan aset kripto lainnya. Peraturan yang lebih ketat dapat menghambat pertumbuhan pasar kripto, sementara peraturan yang lebih ramah dapat mendorong adopsi kripto yang lebih luas. Khususnya di Indonesia, peralihan pengawasan dan pengaturan kripto dari Bappebti ke OJK menjadi sentimen positif bagi pasar kripto dalam negeri. Masuknya kripto ke sektor ITSK membuka peluang produk baru seperti futures yang semakin menggairahkan pasar dan investor.
Adopsi kelembagaan

Penerimaan institusional terhadap perusahaan keuangan tradisional yang besar juga dapat mempengaruhi pergerakan harga. Jika perusahaan-perusahaan ini mulai berinvestasi pada aset kripto, ini mungkin menunjukkan bahwa kripto telah menjadi aset yang aman dan layak untuk diinvestasikan.

“Hal ini dapat mendorong investor lain untuk berinvestasi pada aset kripto dengan menaikkan harga,” kata Fyqieh. Suasana pasar

Peristiwa besar seperti perang, krisis keuangan, atau perubahan peraturan juga dapat memengaruhi harga kripto.

“Peristiwa ini dapat menciptakan ketidakpastian di pasar, yang dapat mendorong investor untuk menjual asetnya, termasuk aset kripto,” kata Fyqieh.

Leave a Comment