COVID-19 kembali meningkat, RSUD Kuningan harus menyiapkan ruang isolasi

Kuningan – Pemerintah Kabupaten Kuningan merespons lonjakan kasus COVID-19 di beberapa wilayah Indonesia. Pemkab Kuningan akan menyediakan ruang isolasi di setiap rumah sakit di Kuningan.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan dr Susi Lusianti mengatakan, meski belum ditemukan kasus COVID-19 di Kabupaten Kuningan, namun beberapa tindakan pencegahan sudah dilakukan. Mulai dari penyediaan vaksin, rapid test hingga penyediaan ruang isolasi di beberapa RSUD Kabupaten Kuningan.
“Alhamdulillah sejauh ini belum ada laporan kasus COVID-19 di Kuningan. Selain belum ditemukannya pasien dengan gejala COVID, penyebabnya adalah aktivitas tes di puskesmas mengalami penurunan, sama seperti pandemi sebelumnya, ujarnya.

Susi menambahkan, untuk mengantisipasi kembali merebaknya wabah COVID-19, pihaknya mulai kembali meningkatkan pengawasan dan pengendalian aktif. Yakni, penumpang yang tiba di fasilitas kesehatan dan rumah sakit dengan gejala ISPA diberitahukan melalui aplikasi Early Warning and Response System (ERRS).
“Apabila ditemukan kasus COVID, maka segera diberitahukan melalui aplikasi SKDR. Melalui sistem ini, kami memantau perkembangan penyakit menular seperti COVID-19 sehingga petugas dapat segera mengidentifikasi dan merespon dengan cepat untuk mencegah terjadinya wabah, “ucapnya kata Susi.
Selain itu, lanjut Susi, pihaknya juga berupaya menyediakan vaksin COVID-19 yang saat ini stoknya habis. Sementara untuk tenaga kesehatan, Susi memastikan seluruh tenaga kesehatan di Kabupaten Kuningan telah menjalani vaksinasi COVID hingga vaksinasi ulang.
“Nanti provinsi akan kami informasikan mengenai kebutuhan vaksin COVID-19. Sedangkan untuk rapid test masih tersedia di gudang apotek dan puskesmas,” ujarnya.

Susi juga memerintahkan seluruh puskesmas di 32 kecamatan di Kabupaten Kuningan untuk mencegah kemungkinan penyebaran penyakit COVID-19 dengan melakukan isolasi 10 persen wilayahnya.
“Hal ini juga berlaku untuk seluruh rumah sakit. Insya Allah dalam waktu dekat kami akan membuat surat edaran yang akan segera dilaksanakan,” pungkas Susi.

Leave a Comment