Serangan Israel menghancurkan Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza

Masjid Istiqlal di Gaza yang dibangun pemerintah Indonesia hancur akibat serangan Israel. Sebuah foto yang diunggah oleh Quds Network ke platform media sosial X, yang sebelumnya bernama Twitter, menunjukkan sebuah masjid yang hancur. “Penghancuran massal masjid-masjid Indonesia akibat bombardir Israel di Khan Yunis, Jalur Gaza,” tulis Quds Network yang dimuat Jumat, 15 Desember 2023.

Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza dibuka pada 22 Februari 2022 dan dibangun sebagai simbol persaudaraan Palestina. Masjid ini terwujud 44 tahun setelah diresmikannya Masjid Istiqlal Jakarta. Dana untuk membangun masjid tersebut berasal dari masyarakat Indonesia.

Setelah beberapa hari terakhir, Israel mengintensifkan serangannya terhadap Khan Younis. Israel telah menyatakan ibu kota Gaza sebagai “zona pertempuran berbahaya”.

Kota terbesar kedua di Gaza, yang disebut sebagai zona aman pada masa-masa awal perang. Sekarang Khan Younis adalah tempat kehancuran dan penderitaan. Ketakutan akan serangan Israel menghantui masyarakat, sementara kekurangan makanan dan fasilitas dasar lainnya telah membuat masyarakat berada dalam kemiskinan di tengah pertempuran berdarah di jalanan.

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant menolak tuntutan internasional untuk mengakhiri serangan militer negaranya di Jalur Gaza. Dia mengatakan fase operasi melawan Hamas saat ini akan “mendesak waktu.”

Selain Khan Younis, Israel juga meningkatkan serangan ke beberapa kota perbatasan Lebanon yang diklaim sebagai markas Hizbullah.

Leave a Comment