Demonstrasi buruh di Cipularang bubar, lalu lintas normal

Bandung – Pekerja memblokir jalan Tol Cipularang sehingga menyebabkan kemacetan panjang pada Kamis malam (14/12/2023). Polda Jabar pun memastikan kerja serikat terhenti dan lalu lintas kembali lancar.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo mengatakan, pengerjaan ini ditangani oleh serikat pekerja di Bekasi. Mereka berencana pindah ke Gedung Sate, namun ternyata bisnis di sana runtuh lebih awal.

“Ini kelompok pekerja dari Bekas. Dalam perjalanan, mereka mendapat informasi Gedung Sate sudah tidak beroperasi lagi. Akhirnya mereka memutuskan untuk melakukan operasi di tengah jalan dan memblokir Tol Cipularang, ujarnya.

Berdasarkan informasi yang diterima, Mapolda Jabar memerintahkan Kapolres Cimah AKBP Aldi Suartono untuk bernegosiasi dengan para pekerja. Perundingan berhasil dan para pekerja akhirnya bubar sekitar pukul 20.10 WIB.

Sekitar pukul 20.00 perundingan berhasil, mereka akhirnya kembali ke Beka dan kami mengatur pengawal untuk mereka. “Seluruh kelompok pengunjuk rasa telah bubar dan kembali ke Beka dengan pengawalan polisi,”; kata Ibrahim. Ibrahim juga memastikan arus lalu lintas di Tol Cipularang KM 117 normal sekitar pukul 20.25 WIB. Berdasarkan informasi yang diterima, serikat pekerja melakukan demonstrasi berbayar selama kurang lebih 2 jam.

Sebelumnya diberitakan, sekelompok pekerja memblokir Tol Cipularang-km 117 arah Bandung. Tindakan ini menyebabkan kemacetan panjang.
“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan. Update situasi lalu lintas, saat ini sekelompok pekerja sedang menutup Kilometer 117 Tol Cipularang tujuan Bandung, kata Direktur Departemen Pemasaran dan Komunikasi Tol Metropolitan Jasamarga Panji Satriya dalam keterangannya, Kamis (14 Desember 2023).

Jasa Marga mengimbau pengguna Tol Cipularang untuk menggunakan jalur alternatif. Mereka diminta keluar dari gerbang Darangdan di KM 99.
“Pengguna jalan diimbau keluar dari Jalan Darangdan di Km 99 dan masuk kembali ke Tol melalui GT Padalarang di Km 120”

Leave a Comment