Intensifikasi kegempaan, pendakian gunung Salak-Kawah Ratu ditutup sementara

Sukabumi – Aktivitas gempa Gunung Salak semakin meningkat, wisatawan yang mendaki ke sini harus menunda karena pendakian Gunung Salak dan Gunung Kawah Ratu ditutup sementara.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVBMG) melaporkan aktivitas gempa di Gunung Salak meningkat empat kali lipat dalam sehari. Dan hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa jalur pendakian di kawasan ini ditutup sementara.

“Iya (pernyataan PVMBG) juga menjadi pertimbangan penting terutama untuk keselamatan pengunjung,”; Kata Manajer Kawah Ratu Resort Gungun Ganjar Gunawan, Rabu (13/12/2023) oleh detikJabar.

Ia meminta agar para pendaki dan masyarakat lainnya mengikuti kebijakan tersebut demi keamanan dan kenyamanan. Ia meminta para pendaki berhati-hati saat mendaki gunung selama penutupan.

Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) memberlakukan penutupan pendakian hingga batas waktu yang belum ditentukan.
Keputusan tersebut diumumkan dalam surat edaran SE.4772/T.14/TU/KSA.3.1/12/2023 yang diperintahkan oleh Direktur Balai TNGHS pada tanggal 8 Desember 2023. Manajer Resor Kawah Ratu Gungun Ganjar Gunawan membenarkan kabar tersebut.
“Iya, mulai tanggal 15.12.2023 kawasan Kawah Salak dan Ratu ditutup sementara khusus untuk pendakian ke puncak,”;

Dalam surat edaran tersebut dijelaskan bahwa Balai TNGHS telah menerbitkan Petunjuk Operasional Standar (SOP) tentang tata cara dan pedoman pendakian Gunung Salak dan Gunung Kawah Ratu. SOP dirancang untuk memenuhi persyaratan keselamatan pengunjung dan ekosistem hutan.
Berdasarkan SOP tersebut, Balai TNGHS memutuskan untuk menutup sementara Pendakian Gunung Salak dan Objek Wisata Kawah Ratu. Alasannya untuk memulihkan ekosistem hutan di jalur pendakian puncak Gunung Salak dan Kawah Ratu.

“Salah satu aspek penutupan adalah fenomena alam yang terjadi sesuai keputusan pemerintah, dan biasanya intensitas hujan tinggi di akhir Desember. Dan sudah menjadi tradisi dari akhir tahun hingga akhir Desember. awal. Mulai tahun baru wisata pendakian alam dan Kawah Ratu ditutup sementara karena pemulihan ekosistem,” jelasnya. “’Pengunjung harus selalu mengutamakan keselamatan dan selalu mengikuti aturan dari pihak berwenang yang sudah menjadi peraturan saat ini,’” tutupnya.

Penutupan sementara Gunung Salak dan Kawah Ratu berlaku mulai 15 Desember 2023 pukul 00:00 WIB. Surat edaran tersebut menyatakan penutupan akan tetap berlaku sampai kondisi memungkinkan untuk dibuka kembali.

Leave a Comment