61 rumah di Kabupaten Bogor terdampak gempa M 4,6 Sukabumi

BPBD Kabupaten Bogor mencatat 61 rumah rusak akibat gempa Sukabumi berkekuatan 4,6 SR. BPBD menyebutkan kerusakan terutama terjadi di

Kabupaten Bogor. “Sejauh ini, kajian cepat kami telah mengidentifikasi 61 rumah terdampak di 4 kecamatan dan 7 desa,” kata Kepala Biro Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor M Adam dalam jumpa pers BMKG, Kamis (14/12/2023).

BPBD Kabupaten Bogor mencatat ada 61 kerugian di Kabupaten Bogor. Nantinya pihaknya akan kembali memberikan informasi dampak kerusakan akibat gempa tersebut. “Untuk sifat kerusakannya akan dilaporkan kembali karena saat ini petugas kami sedang melakukan penilaian cepat, Dinas Perumahan juga melakukan penilaian secara detail,” kata Adam.

Sebelumnya BMKG memaparkan hasil analisis gempa berkekuatan 4,6 SR di Sukabumi. Menurut BMKG, gempa tersebut merupakan gempa tingkat rendah yang disebabkan oleh aktivitas sesar aktif.

“Dengan memperhatikan letak episenter dan kedalaman hiposenter, maka gempa yang terjadi merupakan gempa jenis dangkal yang disebabkan oleh aktivitas sesar aktif,”; Direktur Pusat Gempa dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan dalam keterangannya, Kamis (14 Desember 2023).

Gempa tektonik berkekuatan M 4,6 diketahui mengguncang Kabupaten Sukabumi di Jawa Barat dan sekitarnya. Pusat gempa terletak pada koordinat 6,76 Lintang Selatan dan 106,53 Bujur Timur atau tepatnya 25 km barat laut Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, pada kedalaman 5 km.

Leave a Comment