Seorang WNA asal Kamboja ditangkap Imigrasi Wonosobo karena mengajukan paspor Indonesia dengan dokumen palsu

Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Wonosobo Jawa Tengah kini tengah mengusut kasus pidana keimigrasian terhadap Orang Asing Kamboja (WNA) berinisial ZAI (40) yang melanggar Undang-Undang (UU) Keimigrasian.

ZAI melanggar Pasal 126 c UU Keimigrasian No. 6 Tahun 2011 yang menyatakan “Memberikan keterangan palsu atau tidak benar untuk memperoleh dokumen perjalanan Republik Indonesia”.

Direktur Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Wonosobo KA Halim menjelaskan, kejadian ini bermula pada Senin, 13 November 2023 pukul 10.00 WIB di Ruang Pelayanan Paspor Indonesia Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Wonosobo. Saat itu, seorang pemohon paspor Indonesia mencurigai pemohon paspor RI adalah orang asing berdasarkan profiling dan gestur pemohon paspor RI saat berbincang dengan petugas.

Hasil wawancara diketahui bahwa pemohon RI-pass melakukan pendaftaran tiket RI baru melalui M-pass. Persyaratan tambahannya adalah e-KTP, kartu keluarga, dan akta kelahiran. Setelah diverifikasi juga sah atau terdaftar di barcode dokumen.

Namun pada saat wawancara, pemohon paspor Indonesia kurang lancar berbahasa Indonesia, terlebih lagi tidak bisa menjawab asal usul pendidikan Indonesianya dan agak bingung,

Leave a Comment