Hati-hati! Bromo bebas mobil, hindari tanggal tersebut jika ingin kesana

Gunung Bromo kembali menarik perhatian karena berubah menjadi hijau sejauh mata memandang. Periksa hari-harinya terlebih dahulu karena ada aplikasi Bromo bebas mobil.

Kawasan Bromo dikenal sebagai salah satu destinasi wisata indah dengan keindahan sabana dan kawah pasirnya. Tak hanya itu, kawasan tersebut juga merupakan tempat suci bagi masyarakat setempat. Ritual keagamaan sering dilakukan di sini baik oleh suku Tenggeri maupun umat Hindu. Pada bulan Desember 2023 dan Januari 2024 akan dilangsungkan ritual keagamaan bernama Wulan Kapitu. Oleh karena itu, kendaraan bermotor dikenakan pembatasan pada hari-hari tertentu.

Pembatasan tersebut diberlakukan pada awal Wulan Kapitu mulai Selasa (12/12/2023) pukul 16:00 WIB hingga Rabu (13/12/2023) pukul 16:00 WIB. Selain itu, pembatasan diberlakukan pada bulan Januari untuk merayakan berakhirnya Wula Kapitu. Tepatnya Selasa (1 September 2024) pukul 16.00 WIB – Rabu (1 Oktober 2024) pukul 16.00 WIB. “Jadi pada tanggal 12 sore, sekitar pukul 16.00 hingga 13.00-16.00, kawasan Kaldera Bromo akan kami tutup bagi kendaraan bermotor untuk membuka Wulan Kapitu. Ini salah satu kegiatan adat masyarakat Tengger- pengikut ,” ujarnya. Kepala Eksekutif Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) Septi Eka Wardhani saat ditemui detikcom, Kamis (7 Desember 2023) di kantor BBTNBTS.
Pada hari tersebut, kaldera kawasan Bromo ditutup untuk kendaraan bermotor, kecuali kendaraan darurat. Sementara kendaraan lain seperti kuda mungkin diperbolehkan, namun Septi yakin ketersediaannya akan sangat terbatas.

“(Berkuda) itu terbatas karena masyarakatnya juga punya ritual seperti itu, jadi menurut saya yang punya kuda juga orang Tenggeri, jadi ada aktivitasnya juga yang berkaitan dengan adat istiadatnya,”; dia menambahkan. Pembatasan kendaraan ada di Pakis Bincil lewat Pasuruan, Wonokerto dari Probolinggo dan Jemlang kalau Malang dan Lumajang.

Hal ini tentu akan membatasi wisatawan yang ingin menjelajahi Bromo secara mendalam. Dengan cara ini, wisatawan dapat memilih untuk berkunjung di hari lain.

Leave a Comment