Jerman dan Oman membahas prospek perdamaian di Gaza

Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier dan Sultan Haitham bin Tarik Al Said dari Oman bertemu pada Selasa, 28 November 2023, di Muscat, ibu kota Oman, untuk membahas prospek perdamaian di Jalur Gaza. “Pembicaraan fokus pada prospek politik Gaza dan kemungkinan peran negara-negara Arab menuju solusi dua negara,” kata Steienmeier di media sosial, Instagram. Ia mencatat bahwa Oman “sering bertindak sebagai mediator dalam masalah ini,” katanya. juga antara Arab Saudi dan Iran.

“Fakta bahwa Oman bertindak sebagai mediator yang sangat baik dalam pemulihan hubungan antara Iran dan Arab Saudi,” kantor berita Jerman dpa mengutip pernyataan Steienmeier setelah pembicaraan dengan Sultan Oman.
“Mengurangi ketegangan kedua negara ini tentunya akan membantu mengurangi ketegangan di seluruh kawasan,” tegasnya. Jerman adalah sekutu setia Israel dalam konflik dengan Hamas. Kanselir Olaf Scholz juga mengatakan bahwa keamanan Israel tidak dapat dinegosiasikan dan bahwa Jerman “hanya memiliki satu posisi” dalam konflik saat ini dengan Hamas; dan negara ini “tegas berada di pihak Israel”.

Masyarakat tidak mendukung sikap pemerintah Jerman yang pro-Israel terhadap perang Gaza, menurut jajak pendapat baru yang dilakukan pekan lalu.

Sebuah survei yang dilakukan oleh Institut Allensbach menemukan bahwa sebagian besar warga Jerman menentang keberpihakan dalam konflik Israel-Palestina dan sangat menentang pemberian dukungan militer kepada Israel.

Leave a Comment