Gempa Padang Sidempuan disebabkan oleh sesar Sumatra segmen Toru

Menurut Badan Meteorologi, Iklim, dan Geofisika (BMKG), gempa berkekuatan magnitudo 4,9 yang mengguncang kawasan Padang Sidempuan, Sumatera Utara (Sumut) pada Sabtu pukul 11.39 WIB disebabkan oleh Sayap Sumatera di Toru. segmen

Memperhatikan letak episenter dan kedalaman hiposenter, maka gempa yang terjadi disebabkan oleh aktivitas sesar Sumatera segmen Toru,; kata Hendro Nugroho, Kepala BMKG Wilayah I Medan, Sabtu (15 April 2023).

Hasil analisis BMKG menunjukkan magnitudo gempa 4,9 dan pusat gempa terletak pada koordinat 1,17 LU dan 99,41 BT, tepatnya 27 kilometer di darat tenggara Padang Sidempuan pada kedalaman 5 kilometer.
Gempa terasa di Padang Sidempuan III-IV MMI (Getaran jelas terasa di dalam rumah. Getaran terasa seperti ada truk yang lewat). Sejauh ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa tersebut. Hasil model menunjukkan bahwa gempa tersebut tidak mungkin menyebabkan tsunami.

Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak mempengaruhi hal-hal yang belum dapat dibuktikan kebenarannya. Memastikan informasi resmi hanya berasal dari BMKG dan disebarluaskan melalui saluran komunikasi resmi,”

Leave a Comment