Tips/CARA MUDAH BUAT POSTER PROMOSI JUALAN [CUKUP 2 MENIT]

Poster yang memikat merupakan salah satu elemen yang paling penting dalam strategi berjualan. Pandemi Covid-19 membuat banyak masyarakat beralih menjadi pedagang beraneka macam macam jenis makanan dan minuman ataupun kerajinan kreatif. 


Persaingan yang semakin ketat ini membuat faktor promosi menjadi sangat penting. Ingatlah sebuah pepatah terkenal dalam dunia persilatan :

Cara menawarkan produk itu lebih penting daripada apa yang kita tawarkan


Maksud pepatah diatas merupakan, sebagus apapun produk kita, jika cara menawarkannya tidak bagus, maka  akan kalah dengan produk yang biasa-biasa saja namun bagus cara menawarkan (promosi)nya. 

Salah satu trik yang ampuh merupakan dengan promosi di media sosial seperti Facebook dan Instagram menggunakan poster yang memikat. 

Banyak yang beranggapan membuat poster itu rumit dan butuh skill editing khusus. Memang benar demikian, tapi itu dulu. Sekarang membuat poster yang memikat sangat sederhana dan butuh waktu kurang dari 2 menit saja. 

Caranya merupakan menggunakan sebuah tool bernama postermywall. Ini merupakan sebuah situs yang dapat diakses menggunakan browser PC maupun smartphone dengan mudah.

Untuk membuat poster, pertama buka situs postermywall sehingga muncul tampilan berikut : 

Klik CREATE A DESIGN untuk melanjutkan, lalu pada tab pencarian ketik kategori jualan atau produk Anda. 


Misalnya jika produknya makanan, maka ketikkan keyword “Food”

Jika produknya minuman, maka ketik “Drink”

Jika Produknya Pakaian, maka ketik “Cloths” atau “Fashion”

Anda juga dapat mencari kata kunci yang lebih spesifik sesuai kebutuhan seperti Coffe, Tea, Bubble, Cake, Tshirt dll. Namun pastikan kata kunci dalam bahasa inggris. 

Misalnya Anda akan membuat poster untuk promosi jualan kue pastel Mama. Maka pada kotak pencarian, ketikkan kata kunci food sehingga muncul daftar template yang dapat dipilih.

Jangan lupa pada jenis poster pilih tipe gambar pada untukan tengah, karena kita akan membuat poster dalam format foto. 

Pilih tipe gambar pada poster


Setelah tempate yang sesuai dipilih, klik Customize template sehingga puncul jendela baru untuk edit poster.


Anda bisa mengganti setiap kata dan gambar pada template. Untuk mengganti teks caranya merupakan klik pada tempat yang akan diedit, lalu klik icon menu pada pojok kanan bawah. pada kotak edit teks, ketik sesuai yg diinginkan. 

Begitu pula untuk mengganti gambar, klik pada gambar di template, lalu pada menu sebelah kiri klik icon Replace. Pastikan Anda sudah punya gambar produk dengan kualitas yang bagus. 


Klik My Photos sehingga muncul jendela baru lalu selanjutnya klik upload Photos. Setelah gamabr dipilih, klik Done pada pojok kana atas. 


Setelah itu akan muncul jendela editing, Anda bisa mengganti bentuk dan menambahkan teks. Setelah selesai, klik Icon Checklist pada pojok kanan bawah. 

Setelah semua diedit maka poster sudah bisa di download dengan cara klik icon titik tiga di pojok kanan atas dan pilih Download.




Sangat mudah bukan ?

Anda tidak perlu membuat poster dari awal, melainkan hanya mengedit template gratis yang sudah disediakan. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Comment