JituAplikasi Mengatasi Laptop Lemot dan Lelet di Windows

Kali ini windoten akan merekomendasikan Aplikasi yang bisa teman teman pakai untuk memaksimalkan dan memperlancar kinerja laptop yang sudah lama digunakan dan terasa lemot. Dengan Aplikasi ini semoga bisa membantu teman teman untuk mendapatkan kondisi laptop yang gesit dan anti lemot. Berikut ini aplikasi mengatasi laptop lemot di sistem operasi (OS) Windows.

Aplikasi AdwCleaner

Berbeda dengan aplikasi sejenis CC Cleaner. AdwCleaner dikhususkan untuk menangani atau membunuh malware. Teman teman bisa download aplikasi ini disini.

AdwCleaner
Download AdwCleaner

Selanjutnya teman teman bisa membuka aplikasi AdwCleaner dan melakukan pemindaian / scan dengan menekan tombol pindai/scan. Seperti gambar di bawah ini:

Teman teman bisa melakukan scan ini diulang selama dua kali agar hasilnya bisa maksimal. Ketika ada malware yang terdeteksi maka akan ada opsi untuk mengkarantina walware. Selanjutnya ketika sudah masuk karantina bisa teman teman hapus permanent.

 Selain  aplikasi di atas, teman teman juga bisa meproteksi virus maupun malwere dengan beberapa settingan umum yang bisa dijumpai disetiap windows 10.

1. Mengaktifkan semua Proteksi Windows Defender 

Windows Defender bisa disebut sebagai antivirus bawaan windows yang berfungsi sebagai defender (pertahanan) berbagai serangan virus dan malware. Untuk mengaktifkan semua vitur windows defender pertama masuk ke pengaturan windows defender dengan cara ketik windows defender si search (pencarian) windows 10 – kemudian pilih virus and threat protection seperti di bawah ini.

windows defender windows 10
Mengakses windows defender

Pasikan semua perlindungan aktif ditandai dengan adanya centang terlindungi. Jika ada tanda seru atau simbol danger disebabkan belum diaktifkannya perlindungan tersebut. Untuk mengaktifkan perlindungan cukup dengan klik pada bagian yang bermasalah lalu di ON kan atau disetting mengikuti arahan yang diberikan.

Setting on di windows defender
Aktif dengan tanda centang


2. Mematikan Aplikasi Yang Berjalan Di Start Up Windows 

Untuk memilih aplikasi apa saja yang teman teman izinkan untuk berjalan di start up (awal mula windows berjalan) bisa dilakukan dengan mengakses task manager. Caranya dengan menekan secara bersamaan tombol CTRL+ALT+DELETE atau bisa search di kolom dengan mengetik “Task manager”. Bisa teman teman lihat seperti di bawah ini.

Task Manager Windows
Search dikolom komentar “Task Manager”

Selanjutnya pada task manager pilih di bagian Start Up. Disitu teman teman akan menjumpai aplikasi apa saja yang berjalan di start up windows. Pilih dan pilah terlebih dahulu, mana aplikasi yang akan tetap dijalankan saat start up dan mana yang akan dimatikan. Untuk melihat status aplikasi bisa dilihat di bagian status. Jika Enable maka berjalan di starp up , sebaliknya jika Disable maka statusnya mati (tidak berjalan di start up windows).

Untuk mematikan cukup mudah, cukup klik kanan pada aplikasi pilih Disable (untuk mematikan) dan pilih Enable (untuk menghidupkan/tetap berjalan).

Start Up Windows 10
Enable Disable Aplikasi Start Up Windows

Nah, itulah beberapa tips yang bisa teman teman coba untuk mengatasi laptop yang lemot/ lelet di windows. Semoga bisa bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan tanyakan dikolom komentar. Salam Windoten.

Leave a Comment