Tips/Daftar IC Gerbang Logika Paling Banyak Digunakan

Integrated Circuit atau IC merupakan komponen elektronika aktif yang tersusun dari beraneka macam komponen elektronika dengan berperan tertentu. Komponen elektronika di dalam kemasan IC terdiri dari komponen pasif dan aktif, kebanyakan dalah Transistor, Resistor dan Dioda. 

Menurut penggunaannya, IC digologkan menjadi IC linear / analog, IC digital, dan IC campuran atau mixed. Jika dari bentuk kemasan, IC dapat digolongkan menjadi Dual In-line Package (DIP), Surface Mounted Device (SMD) dan Quad Flat Package (QFP).

IC logika merupakan golongan dari IC digital. IC jenis ini paling populer digunakan dalam rancang bangun elektronika digital setelah IC clock 555. 


Berdasarkan konfigurasi komponen penyusunnya, IC logika dapat dikategorikan menjadi :

1. IC Logika TTL

TTL merupakan singkatan dari Transistor-Transistor Logic. Dari namanya dapat diketahui komponen penyusun dari IC jenis ini merupakan Transistor. Selain Transistor, Komponen lain yang digunakan merupakan Resistor dan Dioda. 

Cara mengenali IC TTL merupakan dengan melihat kode atau nomor seri dari bodi IC. Kode dari IC TTL diawali dengan angka 74xx. Misalnya IC 7404, 7408 dan 7432. 

2. IC Logika CMOS

CMOS merupakan singkatan dari Complementary Metal Oxyde Semiconductor. Komponen penyusun dari IC ini merupakan FET atau MOSFET. Dibandingkan jenis TTL, IC jenis ini memiliki keunggulan yaitu kecepatan pengalihan (switching) sinyal digital lebih cepat. Namun harga IC CMOS lebih mahal. 

Cara mengenali IC CMOS merupakan dengan melihat kode atau nomor seri dari bodi IC. Kode dari IC CMOS diawali dengan angka 40xx. Misalnya saja IC 4011, 4013 dan 4017. 

3. High Speed CMOS 

IC jenis ini merupakan peningkatan dari IC CMOS dari segi kecepatan pengalihan (switching). IC ini memiliki sensitivitas terhadap Electrostatics Discarge (ESD) lebih besar dibanding jenis CMOS dan TTL. IC ini memiliki kode pada bodi yaitu 74HCxx, contohnya IC 74HC04, 74HC08 dan 74HC74.

Berikut ini merupakan daftar IC gerbang logika yang paling banyak digunakan (klik untuk melihat datasheet) :

1. IC Gerbang AND

Jenis TTL 

Jenis CMOS

Jenis High Speed CMOS

2. IC Gerbang OR 

Jenis TTL 

Jenis CMOS

Jenis High Speed CMOS

3. IC Gerbang NOT

Jenis TTL

Jenis CMOS

Jenis High Speed CMOS

4. IC Gerbang NAND

Jenis TTL

Jenis CMOS

Jenis High Speed CMOS

5. IC Gerbang NOR

Jenis TTL

Jenis CMOS

Jenis High Speed CMOS

6. IC Gerbang XOR

Jenis TTL

Jenis CMOS

Jenis High Speed CMOS

7. IC Gerbang XNOR

Jenis TTL

Jenis CMOS

Jenis High Speed CMOS

Tabel Daftar IC Logika

Daftar IC logika

Leave a Comment