10 Project IoT (Internet Of Things) paling Populer

Internet Of Things (IoT) adalah sebuah konsep yang sedang gencar di promosikan di dunia, seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat. Internet Of Things adalah sebuah konsep untuk memaksimalkan manfaat  konektifitas internet untuk menghubungkan segalanya (Things). Sehingga manusia memiliki kemampuan remote kontrol untuk mengontrol benda di kehidupan sehari hari. 


Bukan hanya benda di sekitar kita seperti lampu, TV, Kipas maupun kendaraan bermotor, IoT dapat juga diterapkan dalam bidang Industri. Terbukti dengan digalakkannya revolusi industry jilid 4.0 yang membawa konsep optimasi IoT pada bidang Industri. Sehingga mesin –  mesin industry dapat dikontrol dan di monitoring menggunakan program cerdas dengan mudah menggunakan Internet.



Saat ini telah banyak project IoT yang dibuat di seluruh dunia. Tentunya jumlah ini akan terus bertambah. Data dari International Data Corporation  mencatat bahwa ada 3,1 miliar perangkat keras yang terhubung melalui IoT pada tahun 2015, dan diperkirakan akan berkembang pesat menjadi 8,6 miliar perangkat pada tahun 2020. Dari sekian banyak Project IoT, terdapat beberapa yang menjadi pilihan dalam dikembangkan. Alasannya karena mudah, murah serta bermanfaat bagi kehidupan sehari hari. Berikut ini 10 Project Internet Of things  paling Populer :

    1. Smart Camera and Door Lock System




Smart Camera and Door lock System adalah sebuah project untuk mengontrol kunci pintu sebuah kamar atau ruangan. Project ini berupa alat berupa kamera dan sebuah mikrokontroller (bisanya Arduino atau AVR) yang berfungsi melakukan lock dan monitor pada pintu sebuah ruangan. Sehingga kita bisa membuka atau menutup akses ruangan kita melalui Andorid pada jarak yang jauh melalui internet. Selain itu kita juga dapat melihat siapa saja yang masuk ke ruangan kita.

      2. Smart Lamp Controller



Smart lamp Control adalah Project yang berfungsi mengendalikan Nyala dan Intensitas cahaya Lampu sebuah ruangan. Tentunya kita bisa mengontrol lampu tersebut dari jarak jauh menggunakan Interet. Project ini bisa dibuat menggunakan Arduino, dengan tambahan modul Dimmer lampu dan sebuah modul Wireless LAN untuk menghubungkan Arduino dengan Smatrphone kita.

      3. Monitoring lokasi  kendaraan menggunakan Android


Dengan Alat ini Kita dapat melihat lokasi dari kendaraan kita jika sedang dipakai orang lain. Bukan hanya lokasi tapi kita juga bisa melihat Indaktor tangki bensin, dan jarak yang telah ditempuh kendaraan melalui komputer atau Smartphone

4. Absensi Sidik jari


Selama ini kita melakukan Absesi manual dengan buku. Kelemahannya adalah data yang mudah hilang dan mudah di manipulasi. Namun dengan menggunakan mikrokontroller yang dipadukan dengan Internet Of Things, sistem Absensi dapat menggunakan sidik jari. Dengan begitu data tidak dapat dimanipulsi karena sidik jari setiap manusia di dunia ini berbeda. Selain itu data dari absensi dapat dilihat oleh siapa saja secara langsung melalui Website karena hasil absensi diupload langsung ke Internet.

      5. Smart  Pump and Water level Control


Pada project ini kita dapat mengontrol pompa air pada tangki atau saluran Irigasi. Selain mengontrol pompa secara manual melalui kompuer atau Smartphone, Pompa juga dapat dikendalikan otomatis oleh sensor ketinggian Air. Ketinggian Air yang disensor dapat dilihat melalui Komputer pada jarak jauh.

      6.  Smart Watch and Weather
Jika jam biasa hanya menunjukkan waktu dan Tanggal, maka Smart Watch ini kita dapat mengetahui perkiraan cuaca di lingkungan kita. Pada Project Smart Watch data tentang informasi cuaca di upload langsung dari internet. Sebelumnya Smart wacth mendeteksi lokasi pengguna sebelum mencari informasi cuaca di lokasi tersebut.


      7.  Smart Termostat


Termostat adalah alat yang dapat mengatur suhu pada sebuah ruangan. Versi dari termostat biasanya kita kenal sebagai AC (Air Conditioner). Smart termostat diterapkan pada ruangan yang besar dengan cara memasang sensor suhu pada ruangan tersebut. Sensor tersebut akan mengirim data dan membandingkannya dengan ambang batas suhu normal yang sebelumnya telah di setting. Data dari sensor juga dapat dilihat melalui komputer yang terhubung dengan Internet.

      8.  Smart home monitoring


Smart Home monitoring adalah  alat berupa kamera yang berfungsi  merekam kondisi rumah dan dikirimkan ke pemilik rumah. Pemilik rumah dapat melihat kondisi rumahnya pada jarak jauh. Tentunya sangat berguna ketika kita meninggalkan rumah dalam konsisi kosong mapun ada keluarga. Jadi kita dapat melihat aktifitas di dalamnya dari jarak jauh


      9.  Running Text Controller


Running text adalah sekumpulan LED (light emitting diode) yang disusun berbaris sejajar dan kolom sehingga berbentuk Matrix. Running text biasanya dipasang di toko atau di intansi pemerintahan sebagai sarana menyampaikan informasi.  Dengan menggunakan Internet Of Things kita dapat mengatur output display dari running teks menggunakan Wireless LAN pada komputer maupun Smartphone

      10.  Smart home Security


Smart home Security adalah alat berupa berbagai jenis sensor yang dipasang di rumah. Misalnya saja sensor gas untuk mendeteksi kebakaran dan sensor gerak (biasanya menggunakan Passive Infra red) untuk mendeteksi gerakan objek. Data dari sensor dikirimkan ke komputer atau Smartphone pemilik rumas sehingga dapat melakukan tindakan pencegahan.

Penutup

Tentunya masih banyak lagi Project IoT yang dikembangkan saat ini. Kebanyakan Procect IoT yang dikembangkan menggunakan mikrokontroller Arduino maupun Mikroprosesor Raspberry. Tantangan selanjutnya adalah bagaimana kita memanfaatkan kemudahan yang ada untuk membuat alat berbasis IoT yang berguna bagi kehidupan. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment