Pengertian dan Konsep Dasar Internet Of Things (IoT)

Internet Of Things (IoT) atau dalam bahasa Indonesia berarti Internet Untuk Segalanya sudah menjadi perbincangan di Indonesia beberapa tahun terakhir. Banyak seminar maupun majalah serta Artikel di internet yang menggalakkan semangat Internet Of things Di Indonesia. Internet Of Things bisa dikatakan sebuah pintu ke masa depan, dimana penggunaan Internet Bukan hanya menghubungkan manusia dengan menusia Tapi akan menghubungkan manusia dengan benda, bahkan benda dengan benda sekalipun.


Internet Untuk Segalanya

Pernahkah kita membayangkan tentang masa depan dimana segala pekerjaan manusia sudah digantikan oleh mesin yang bekerja secara otomatis ? Pernahkah anda membayangkan anda bisa mengetahui kondisi rumah anda melalui SmartPhone ? atau memonitoring kendaraan pribadi anda seperti Indikator Bahan bakar, menyalakan dan mematikan kendaraan hanya melalui Smartphone ? Di jaman modern ini semua sudah dapat dilakukan. Lalu bagaimana cara menghubungkan Alat � alat tersebut ? Jawabannya adalah INTERNET.


Segala Hal yang terhubung dengan Internet

Konsep Dasar IoT

Pada Dasarnya Internet Of Things adalah sebuah konsep untuk memaksimalkan fungsi konektivitas internet dari awalnya hanya menghubungkan antar manusia menjadi manusia antar benda, maupun benda antar benda. Seperti yang kita ketahui, Sejarah awal dari dikembangkannya Internet adalah untuk menghubungkan komputer dan komputer.

Komputer tersebut berisi tentang data data yang diolah manusia, dengan kata lain Internet pada saat Itu menghubungkan antar manusia. Sehingga manusia dapat saling bertukar informasi dan sumber daya.

Seiring dengan berkembangnya Teknologi, Manusia ingin mengembangkan fungsi internet menjadi penghubung manusia dengan benda. Interaksi Internet Bukan lagi antara manusia dengan komputer, namun manusia dengan TV, Kulkas, Mesin Cuci, kendaraan Pribadi, dan apapun bendanya. Semua menggunakan Internet. Baca juga : Sejarah perkembangan Internet.


Dengan Menggunakan IoT kita bisa mengendalikan dan memonitor apapun benda di sekitar kita. Kita bisa menyalakan atau mematikan kendaraaan, Memonitor kondisi rumah saat ditinggalkan, mengoprasikan barang elektronik hanya lewat Smartphone maupun komputer dengan bantuan Koneksi Internet. Bukan hanya untuk kehidupan sehari hari, Konsep IoT dapat Diterapkan di Dunia Industri maupun Bisnis.

Dengan menerapkan IoT di bidang Industri akan meminimalkan Interaksi manusia dengan mesin, karena alat alat industry sudah dikendalikan dan dioprasikan melalui Komputer. Dalam bidang Perbankan tanpa kita sadari telah menerapkan IoT  sejak lama, terbukti sekarang kita tidak perlu lagi pergi ke bank untuk melakukan terbagai macam transaksi. Cukup menggunakan ATM atau fasilitas Internet banking.



Potensi  Pengembangan IoT di Indonesia

Potensi berkembangnya IoT di Indonesia sangat besar. Lembaga riset digital marketing Emarketer memperkirakan pada 2018 jumlah pengguna aktif smartphone di Indonesia lebih dari 100 juta orang. 

Dengan jumlah sebesar itu, Indonesia akan menjadi negara dengan pengguna aktif smartphone terbesar keempat di dunia setelah Cina, India, dan Amerika. Data dari Global Average Connection Speeds Rangkings menempatkan Indonesia di Urutan Ke 6 didunia dengan kecepatan rata- rata internet sebesar 79,8 Mbps. Sehingga sangat memungkinkan dikembangkannya IoT.

Potensi Pengembagan Iot semakin baik setelah maraknya penggunaan jenis mikrokontroller terbaru bernama Arduino. Arduino dengan Fleksibilitas dan efisiensi software maupun hardwarenya akan sangat mudah dihubungkan dengan Internet. Arduino memiliki banyak Modul dan library program sehingga dapat dengan mudah melakukan rancang bangun alat dengan konsep IoT. 

Dengan menggunakan Arduino, kita dapat membuat program yang menghubungkan user dengan alat  yang diinginkan dengan mudah. Selain Arduino, Muncul juga mikrokontroller yang lebih canggih dengan nama Raspberry, dengan spesifikasi lebih tinggi dari Arduino, bahkan mendekati fungsi personal komputer. Baca juga :Pengertiaan Arduino dan Jenisnya

Modul Raspberry dan Arduino Untuk IoT

Sudah saatnya Indonesia menerapkan Konsep Internet Of Things di segala Bidang, bukan hanya di kehidupan sehari � hari namun juga dalam bidang industry, Pendidikan dan kesehatan serta bisnis. Dengan segala sumber daya yang dimiliki, diharapkan  Indonesia kelak akan menjadi raksasa digital dunia di masa depan. Semoga saja.

Leave a Comment