10 Aplikasi Android Terbaik Untuk Anak Elektro

10 Aplikasi Android Terbaik Untuk Anak Elektro � Berkembangnya teknologi saat ini memberikan dampak yang sangat besar di dunia teknik. Salah satu teknologi yang berkembang adalah smartphone berbasis android, yang mayoritas digunakan oleh masyarakat Indonesia dan dunia. 


Berbagai program aplikasi juga berkembang mengikuti keinginan masyarakat akan mudahnya menyelesaikan tugas dan masalah. Tak terkecuali pada Teknik Elektro, banyak aplikasi android  yang menjadikan perhitungan dan analisis yang semakin mudah.



Pada Smartphone berbasis android tersedia banyak sekali aplikasi yang dapat di download di Play Store. Aplkasi tersebut tersedia dalam versi free (gratis) atau versi premium (berbayar). 


Tentu saja, versi gratis dan versi premium memiliki perbedaan. Diantaranya adalah masalah fitur yang ditawarkan, dimana versi premium menyediakan lebih banyak fitur dan kebebasan bagi pengguna. Biasanya juga Versi premium tidak muncul iklan sama sekali, sehingga lebih nyaman dipandang. 

Berikut ini adalah 10 Aplikasi android terbaik yang dapat diandalkan untuk memudahkan pekerjaan anak elektro. Daftar ini disusun berdasarkan Rating dan fitur yang tersedia di dalamnya.

Aplikasi android terbaik  untuk anak elektro ini juga menjadi andalah bagi pecinta elektro di forum Elektronika sehingga dapat menjadi rujukan. Aplikasi tersebut tersedia versi gratis dan premium dan dapat di download di Play Store. 


      1. ElektroDroid

Menu Calculation ElectroDroid
ElektroDroid adalah aplikasi multifungsi yang dapat digunakan untuk banyak hal. tools andalan elektrodroid adalah tools perhitungan, dimana user dapat menghitung kode warna dan angka Resistor, kapasitor, induktor, hitungan seri parallel, kalkulator LED, kalkulator IC 555, daya, Star delta dan masih banyak lagi. 

Ditambah lagi ukuran file yang ringan (hanya 4,6Mb) dan tampilan yang menarik membuat ElektroDroid sangat Recommended bagi anak elektro. Elektro Droid tersedia dalam versi Free dan Pro. Versi Pro memberikan full fitur yang tidak ada dalam versi Free, seperti Zener Diode Calculator dan Arduino Boards.  


Electronics Toolkit mirip dengan ElektroDroid, yaitu mempunyai tool Perhitungan yang cukup lengkap. Perbedaannya adalah electronics Toolkit mempunyai fitur IC pinout dan Arduino. Ukuran cukup ringan hanya 7.5Mb saja. 

Seperti ElektroDroid, Aplikasi ini menyediakan versi Free dan dapat di upgrade ke versi Pro untuk mendapat akses penuh dari semua fiturnya.

Bagi anak Elektro yang Selama ini menguji sebuah rangkaian digital menggunakan aplikasi PC seperti Proteus dan Multisim, Sekarang bisa dengan mudah melalukan simulasi melalui hp android. 

Smart Logic Simulator adalah Aplikasi simulasi rangkaian logika Dengan Interface yang sederhana dan ukuran file yang hanya 3.12Mb saja. 

Output rangkaian simulasi ini berupa LED, buzzer dan 7 Segment Display.  Terdapat pula sensor input seperti sensor magnetic dan Sensor Proximity.

Electronics Calculator sama seperti ElektroDroid dan Electronics Toolkit. Perbedaannya adalah Ukuran File aplikasi ini super ringan hanya 1.2Mb saja untuk Versi Free dan 4.6 Mb untuk Versi Pro. Tentu saja sangat cocok untuk Android spesifikasi rendah. 

Keunggulan Electronics calculator lainnya adalah tersedianya kalkulator Saintifik, Logic Gate PinOut dan Konverter suhu, area, Derajat dan banyal fitur lainnya.  Versi Pro memberikan Fitur lebih diantaranya adalah Pinout Computer, Display LCD dan PinOut Mikrokontroller Atmega.

Bagi yang sering mencoba aplikasi simulasi Rangkaian listrik dan elektronika, APlikasi ini patut dicoba. Ukuran filenya juga cukup ringan, hanya 7.5Mb saja. EveryCircuit adalah aplikasi simulasi elektronika untuk Android. 

Tampilan aplikasi ini sangat elegan namun tetap user Friendly sehinggan sangat mudah digunakan. Kelebihan EleryCircuit lainnya adalah kemudahan dalam setting level tegangan dan fitur measurement Oscilloscopenya.

      6. PCBDroid


Jika EveryCircuit adalah aplikasi simulasi rangkain elektro, maka PCB Droid adalah aplikasi untuk merancang layout PCBnya. Secara tampilan PCB Droid mirip dengan Ekspress PCB untuk komputer, namun dengan ukuran file yang hanya 12Mb saja. 

Library yang tersedia juga cukup lengkap seperti konektor, komponen pasif dan aktif serta relay dan Socket.  File Project dari PCB droid dapat dieksport ke file BMP sehingga dapat di print melalui komputer.

Arduino Tutorials adalah Aplikasi Tutorial pemograman Arduino untuk pemula. Ukuran filenya pun ringan, hanya 7.3Mb saja. Tools dalam Arduino tutorials diantaranya adalah Basic Pemograman, Contoh Project arduino dan rangkaian simulasi. 

Aplikasi ini cocok bagi pelajar yang ingin mengenal arduino dari awal. Mempelajari basic dari arduino akan menjadi batu loncatan untuk membuat project yang lebih besar, seperti tugas kampus maupun rancang bangun alat dan Robot.

Binary Calculator adalah aplikasi untuk mengkonversi sistem bilangan. Kelebihan aplikasi ini adalah mengkonversi bilangan decimal, Oltal, Hexa dan Biner secara bersamaan sehingga tidak perlu menggunakan hitungan yang rumit. 

Ukuran aplikasinya ringan hanya 3Mb saja. Proses Kalkulasi dari Binary Calculator juga sangat cepat seperti kedipan mata. Interfacenya yang ringan dan mudah digunakan menjadi kelebihan lain aplikasi ini.

Mobile Electrican adalah aplikasi yang cocok untuk anak elektro yang menggeluti sistem control AC atau tegangan tinggi. Mobile Electrican menyediakan tools Kalkulator daya aktif dan reaktif , reaktansi , Drop tegangan dan masih banyak lagi. 

Ukuran filenya sekitar 7Mb saja, sangat ringan untuk Hp android spek rendah. Dengan menggunakan mobile electrican maka Proses perbaikan dan maintenance dari sebuah sistem kontrol menjadi lebih cepat dan efisien
  
Jika Smart Logic Simulator adalah aplikasi simulasi rangkaian digital, maka Karnaugh map Solver adalah aplikasi penyederhanaan rangkaian digital menggunakan peta karnaugh. Untuk menggunakan aplikasi ini tentunya diperlukan pemahaman dasar tentang peta karnaugh sehingga dapat menyederhanakan rangkaian dengan sempurna. 

Kelebihan Kmap Solver lainnya adalah tersedia vitur rangkaian equivalent, sehingga setelah penyederhanaan user tinggal menyalin persamaan rangkaian dari hasil penyederhanaan. Dengan Ukuran File hanya 3.4Mb saja, tentunya tidak akan menggangu kinerja android usernya.

Akhir Kata

Daftar Aplikasi Android untuk anak elektro diatas mempunyai ukuran file yang cukup ringan sehingga lebih menghemat ruang dan memori. Selain itu juga dengan memori yang kecil tentu penggunaan RAM juga menjadi minimal sehingga tidak mengganggu kinerja Aplikasi  yang lain. Daftar diatas menjadi Rekomendasi untuk anak elektro dalam memudahkan pekerjaan.

Menggunakan Software Android untuk Elektro dalam pekerjaan adalah sah � sah saja, namun tetap diperlukan teori dasar tentang elektro terutama dalam bidang yang kita geluti. Ketika kita hanya terpaku pada software, maka level pemahaman kita tidak akan berkembang. Akibatnya akan sangat sulit menemukan solusi dari masalah yang kita hadapi karena kurangnya pemahaman akan dasar-dasar teori yang bersangkutan. 

Software hanyalah alat yng memproses input yg diberikan, yang menemukan solusi tetaplah otak usernya.Tetaplah semangat dalam belajar. Semoga Bermanfaat,,,,!

Leave a Comment